Hadir Untuk Rakyat, PLN Tegal Lakukan Perabasan Pohon Demi Keandalan Pasokan Listrik pada Musim Hujan

PLN UP3 Tegal
PLN UP3 Tegal melaksanakan kegiatan rutin perabasan pohon di berbagai titik di Kota Tegal dan sekitarnya. (Foto: Istimewa)

TEGAL – PLN UP3 Tegal terus menunjukkan komitmennya dalam menjaga keandalan pasokan listrik bagi masyarakat dengan melaksanakan kegiatan rutin perabasan pohon di berbagai titik di Kota Tegal dan sekitarnya.

Memasuki musim hujan, vegetasi tumbuh lebih cepat dan rimbun, sehingga ranting dan dahan berpotensi menyentuh jaringan listrik. Kondisi ini dapat memicu gangguan, korsleting, hingga pemadaman yang mengganggu aktivitas masyarakat.

Kegiatan perabasan ini dilakukan secara terencana, menyasar lokasi-lokasi dengan tingkat risiko tinggi terhadap jaringan listrik.

Selain memastikan jaringan tetap aman, kegiatan juga dilakukan sebagai bentuk pencegahan dini demi meminimalkan potensi gangguan di tengah meningkatnya curah hujan dan perubahan cuaca ekstrem yang bisa terjadi kapan saja.

Manager PLN UP3 Tegal, Maryudin, menjelaskan bahwa kerja sama dan kepedulian masyarakat sangat penting dalam menjaga keandalan pasokan listrik.

Maryudin mengimbau agar masyarakat tidak ragu melaporkan apabila terdapat pohon yang telah menjulur ke jaringan listrik, sehingga petugas dapat segera melakukan tindakan.

“Kepada masyarakat hendaknya ikhlas jika pohon miliknya yang sudah mendekati jaringan listrik dipangkas. Hal ini untuk kepentingan bersama agar listrik tetap terjaga kontinuitas pasokannya, apalagi di musim hujan,” ujar Maryudin.

Maryudin juga menegaskan bahwa pemangkasan yang dilakukan bukan penebangan total, tetapi terbatas pada dahan dan ranting yang berpotensi membahayakan jaringan.

PLN memastikan bahwa seluruh layanan pemangkasan dan pengamanan jaringan dilaksanakan tanpa dipungut biaya. Dalam operasinya, PLN UP3 Tegal menerjunkan dua jenis pelaksana lapangan:

1. Tim Pemangkasan dengan Pemadaman Terencana, yang dilakukan pada kondisi tertentu demi keselamatan dan efektivitas pekerjaan. Informasi pemadaman terencana selalu diumumkan sebelumnya melalui radio, media sosial, dan kanal resmi lainnya.

2. Tim PDKB (Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan), yaitu petugas bersertifikasi khusus yang mampu melakukan pemangkasan pohon tanpa memadamkan listrik. Tim ini memungkinkan kegiatan pemeliharaan tetap berjalan tanpa mengganggu pelayanan kepada pelanggan.

Sebagai bagian dari transformasi digital pelayanan, PLN juga mendorong masyarakat untuk memanfaatkan aplikasi PLN Mobile.

Melalui aplikasi ini, masyarakat dapat mengajukan laporan, mulai dari gangguan kelistrikan hingga permohonan pemangkasan pohon. Laporan yang masuk akan diterima langsung oleh petugas dan ditindaklanjuti dengan cepat sesuai lokasi yang dilaporkan.

Lebih dari sekadar program rutin, perabasan pohon merupakan upaya berkelanjutan PLN untuk menjaga keandalan listrik yang menjadi kebutuhan vital masyarakat, mulai dari rumah tangga, pelaku usaha, fasilitas publik, hingga layanan kesehatan.

Dengan dukungan dan peran aktif masyarakat, PLN UP3 Tegal berkomitmen terus hadir untuk rakyat dan memastikan bahwa energi listrik tetap andal, aman, serta siap memenuhi kebutuhan terutama di musim hujan.

PLN mengajak seluruh warga di wilayah Tegal dan sekitarnya untuk bersama-sama menjaga lingkungan dan jaringan listrik demi kenyamanan serta keselamatan bersama. Terus laporkan melalui PLN Mobile jika terdapat potensi gangguan di sekitar jaringan listrik. PLN hadir, bergerak, dan bekerja untuk rakyat.

Penulis: Mahesa Bagaskara Editor: Sahda Athifa