Di Rumah Sakit yang dituju, remaja yang selalu terlihat aura positif ini menjalani serangkaian pemeriksaan lanjutan, termasuk USG dan biopsi. Dokter mendiagnosisnya dengan Fibroadenoma Mammae (FAM), sejenis tumor jinak yang umum terjadi pada remaja dan wanita muda.
Meskipun jinak, dokter menyarankan agar benjolan tersebut diangkat melalui tindakan operasi untuk mencegah ketidaknyamanan dan kekhawatiran di kemudian hari.
Nayla merupakan peserta JKN yang aktif, sehingga seluruh rangkaian layanan kesehatan yang dibutuhkan, mulai dari konsultasi dokter, pemeriksaan diagnostik, hingga tindakan operasi pengangkatan benjolan, sepenuhnya ditanggung oleh JKN.
“Pelayanan di rumah sakit sangat baik. Kami diperlakukan sama seperti pasien umum lainnya. Tidak ada diskriminasi karena kami menggunakan JKN. Tim medis ramah, perawat sigap. Yang paling melegakan, kami tidak diminta membayar sepeser pun untuk operasi yang begitu kompleks,” tutur Ita Rosiana, ibunda dari Nayla yang setia mendampingi semua proses perawatan Nayla dari awal.
Operasi Nayla berjalan sukses. Ia hanya membutuhkan beberapa hari untuk pemulihan dan diperbolehkan pulang untuk melanjutkan istirahat di rumah. Kini, ia bisa kembali fokus mengejar pelajaran di sekolah tanpa bayang-bayang ketakutan dan rasa sakit.
“Sebelumnya, saya pikir JKN itu hanya penting buat orang tua atau saat sakit parah saja. Sekarang, saya sadar kesehatan bisa bermasalah kapan saja, bahkan di usia remaja. JKN memastikan saya mendapatkan pertolongan terbaik tanpa membuat Ayah dan Ibu bingung terkait biaya,” kata Nayla di akhir perbincangan.
Sebagai penutup Nayla berharap, teman-teman seusianya di Tegal dan seluruh Indonesia tidak menyepelekan program ini. “Kita, sebagai generasi muda, harus tahu dan sadar tentang program JKN ini. Berkat JKN, saya bisa melewati masa sulit dan kembali tersenyum, siap mewujudkan cita-cita,” tutupnya.
Nayla Bersyukur Lancar Jalani Operasi Benjolan Bersama JKN

Baca Juga
Rekomendasi untuk kamu

Langkah ini memastikan masyarakat di wilayah terpencil tetap dapat memperoleh layanan kesehatan yang dijamin Program…

“Penghargaan ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus meningkatkan mutu pelayanan, terutama dalam hal kecepatan,…

“Apakah ini layak atau tidak, kalau membutuhkan rawat di rumah sakit itu dikomunikasikan. Insya Allah…

“Desil dibagi menjadi 10 kelompok, desil 1 itu kelompok paling miskin, kondisi sosial ekonomi paling…