Menurut survei yang dilakukan oleh Ipsos, 66% masyarakat menyatakan bahwa kemasan produk mempengaruhi keputusan pembelian produk.
Oleh karena itu, desain kemasan harus dibuat dengan fungsionalitas yang sesuai, berisi tentang informasi merek yang ingin kita sampaikan.
Serta menciptakan pengalaman pembelian personal untuk pelanggan. Berikut adalah tahapan umum dalam membuat sebuah kemasan:
a. Mengetahui kebutuhan produk dan persona pelanggan, melalui pertanyaan-pertanyaan seperti:
Berapa ukuran dan bentuk produknya?
Terbuat dari apakah produk kita? Jika produk rapuh, maka tentu kemasan harus dibuat aman agar produk tidak pecah. Siapa target audiens kita?
b. Melakukan riset kemasan milik kompetitor. Lihat jenis kemasan apa yang sudah digunakan dan cari tahu apa yang paling cocok untuk produk kita.
c. Melakukan riset untuk membuat kemasan produk, dari mulai material yang dibutuhkan, aspek teknikal cara pembuatannya, hingga persyaratan legalitas.
Respon (2)
Komentar ditutup.