Evaluasi Rekredensialing, Cara BPJS Kesehatan Tingkatkan Kualitas Pelayanan JKN di Tegal

BPJS Kesehatan Tegal
Kantor BPJS Kesehatan Cabang Tegal. (Foto: Istimewa)

TEGAL – BPJS Kesehatan Cabang Tegal baru-baru ini menyampaikan hasil rekredensialing fasilitas kesehatan di wilayah kerjanya bersama Dinas Kesehatan.

Kegiatan yang berlangsung ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja fasilitas kesehatan dalam memberikan layanan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Serta mendiskusikan berbagai tantangan yang dihadapi dalam operasional fasilitas kesehatan.

Hasil rekredensialing ini juga diharapkan dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai perbaikan yang perlu dilakukan oleh rumah sakit, dan fasilitas kesehatan lainnya untuk meningkatkan kualitas pelayanan.

“Rekredensialing merupakan salah satu proses evaluasi penting yang dilakukan BPJS Kesehatan untuk memastikan bahwa fasilitas kesehatan yang bekerja sama, dan menjadi mitra mampu memberikan pelayanan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan,” kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tegal, Chohari, Rabu 8 Januari 2025.

Dalam kegiatan itu, nerbagai indikator seperti jenis pelayanan, kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) serta kelengkapan sarana dan prasarana menjadi fokus utama dalam evaluasi.

Hasil dari rekredensial ini memberikan gambaran yang lebih jelas tentang sejauh mana rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya mampu memberikan pelayanan kesehatan yang optimal bagi peserta JKN.