Evaluasi Rekredensialing, Cara BPJS Kesehatan Tingkatkan Kualitas Pelayanan JKN di Tegal

BPJS Kesehatan Tegal
Kantor BPJS Kesehatan Cabang Tegal. (Foto: Istimewa)

BPJS Kesehatan berkomitmen untuk terus mendukung upaya Dinas Kesehatan dalam memperbaiki dan memperkuat sistem pelayanan kesehatan yang terintegrasi dengan Program JKN.

Kepala Bagian Sumber Daya Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal, Sarmanah Adi Muraeny menyambut baik hasil rekredensialing yang disampaikan oleh BPJS Kesehatan. Pihaknya berkomitmen untuk melakukan tindak lanjut terhadap hasil evaluasi tersebut.

“Kami akan terus memantau perkembangan fasilitas kesehatan dengan melakukan rekredensial secara berkala, dan memberikan pembinaan serta dukungan kepada rumah sakit bersama fasilitas kesehatan lainnya, terutama terkait dengan hasil yang disampaikan pada hari ini,“ lanjut Sarmanah.

Salah satu tindak lanjut yang disarankan adalah pemenuhan kebutuhan SDM di rumah sakit, terutama dalam hal penambahan dokter spesialis dan subspesialis.

Dinas Kesehatan juga menekankan pentingnya data SDM yang update secara berkala, seperti Surat Izin Praktik (SIP) bagi tenaga medis, untuk memastikan bahwa fasilitas kesehatan dapat memberikan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan pasien.

Selain itu, Dinas Kesehatan juga mendorong fasilitas kesehatan untuk memperbaiki kelengkapan sarana dan prasarana, terutama di rumah sakit tipe C, untuk mendukung pelayanan yang lebih baik kepada peserta JKN.