Lima Strategi Sukses Blackpink di Kancah Musik Global, Bisa Ditiru untuk Produk UMKM

Strategi Sukses Blackpink
Personel Blackpink. (Foto: UMKM Indonesia)

Blackpink berhasil merajai industri musik global dalam tiga tahun belakangan. Sejak memulai debutnya di tahun 2016, grup besutan YG Entertainment ini telah mendulang puluhan penghargaan.

Grup ini juga memecahkan berbagai rekor, dan mendulang cuan hingga triliunan rupiah dari konser dan tur yang masih berlangsung.

Di bulan April tahun ini, mereka bahkan didapuk sebagai penampil utama Coachella, salah satu festival musik terbesar di Amerika.

Bagaimana bisa mereka menjadi begitu populer meski hanya mengeluarkan dua album dan 20 lagu dalam tujuh tahun? Tak hanya di industri musik, wajah mereka juga terpampang di berbagai lini usaha.

Wajah mereka terpampang di brand fashion, makanan ringan, perhiasan, hingga perusahaan e-commerce. Apa yang mereka lakukan hingga bisa memiliki nilai jual dan branding yang begitu kuat?

Simak penjelasannya di bawah ini dan apa saja yang bisa dilakukan pelaku UMKM untuk menirunya.

Strategi Sukses Blackpink, Personal Branding yang Mudah Diingat

Jika ada satu hal yang benar-benar konsisten dari Blackpink, itu adalah persona yang mereka bentuk di mata penggemar.

Situs Forbes mengakui Blackpink terkenal sebagai grup K-pop pertama yang menggabungkan kepribadian badass dengan karakteristik imut.

Hal ini sesuai dengan nama grup mereka: black (hitam) identik dengan sikap yang nakal dan berani, sedangkan pink (merah muda) seringkali dikaitkan dengan feminitas.