Program Shopee Jagoan UMKM Naik Kelas: Kompetisi untuk Mendukung Pengusaha Kecil
JAKARTA – Shopee Indonesia baru saja meluncurkan program terbaru yang bernama “Shopee Jagoan UMKM Naik Kelas”. Program ini merupakan sebuah kompetisi berbentuk reality show yang pertama kali diadakan oleh Shopee. Tujuan utamanya adalah untuk mendukung dan memajukan para pengusaha Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia.
Dari lebih dari 1.300 pendaftar yang berasal dari berbagai kota di seluruh Indonesia, telah terpilih 20 finalis. Para peserta akan bersaing dalam enam tantangan berbeda dengan hadiah total modal usaha senilai Rp1 Miliar serta gelar “Jagoan UMKM”.
Program ini dirancang sebagai upaya Shopee dalam memberikan dukungan bagi kemajuan UMKM dengan semangat dan warna baru. Seluruh peserta akan diberi kesempatan untuk mengembangkan usaha mereka melalui networking, mentorship, coaching dari para ahli, promosi bisnis, serta dana usaha.
Head of Corporate Affairs Shopee Indonesia, Satrya Pinandita menjelaskan tujuan dari program ini. “UMKM adalah pilar penting bagi perekonomian Indonesia. Oleh karena itu, sangat penting untuk terus memberikan dukungan agar mereka bisa naik kelas. Sejalan dengan komitmen #ShopeeAdaUntukUMKM, program ini hadir dengan semangat untuk mempromosikan lebih banyak usaha UMKM melalui tayangan menarik, sehingga masyarakat lebih mengenal kualitas produk dan pengusaha UMKM di Indonesia. Kami berharap para pengusaha UMKM lainnya juga bisa belajar dari tantangan-tantangan yang diberikan di setiap episodenya.”
Juri dan Mentor yang Hadir
Juri utama dalam program ini adalah Host & Entrepreneur ternama, Daniel Mananta dan Founder & CMO BLP Beauty, Lizzie Parra. Selain itu, hadir pula juri tamu dan mentor berbeda di setiap episode. Beberapa nama yang terlibat antara lain Menteri UMKM Republik Indonesia Maman Abdurrahman, pemilik brand ERIGO Muhammad Sadad, pemilik brand ZM (Zaskia Mecca) Haykal Kamil, CEO Bittersweet by Najla dan Content Creator Najla Bisyir, serta sosok-sosok lain dari kalangan pengusaha, celebrity business owner, dan Seller Mentor Shopee.
Dengan pengalaman dan jam terbang masing-masing, para Jagoan UMKM berkesempatan mendapatkan masukan dan bimbingan langsung dari para juri dan mentor ini.
Founder & CMO BLP Beauty, Lizzie Parra mengatakan, “Aku senang sekali bisa menjadi bagian dari program Shopee Jagoan UMKM Naik Kelas. Sebuah kesempatan luar biasa bisa bertemu langsung dengan puluhan pengusaha UMKM hebat yang punya skill serta dedikasi luar biasa dalam mengembangkan usaha mereka. Ada banyak knowledge baru yang bisa didapatkan penonton dari acara ini, termasuk bagaimana cara mengelola bisnis yang berkelanjutan dan cara beradaptasi di era digital saat ini. Aku berharap semakin banyak orang yang mengapresiasi dan bangga untuk membeli produk UMKM setelah menonton acara ini.”
Enam Tantangan Bisnis yang Menantang
Program Shopee Jagoan UMKM Naik Kelas hadir dalam 6 episode dan menghadirkan rangkaian tantangan bisnis yang meliputi aspek kewirausahaan mulai dari marketing, keuangan, logistik, operasional hingga pengembangan produk. Seluruh tantangan dirancang khusus untuk menguji keterampilan para pengusaha UMKM secara holistik dalam mengembangkan usahanya di era digital.
Berikut beberapa tantangan yang akan dihadapi:
-
Episode 1: Presentasi Bisnis untuk Potensi Pertumbuhan UMKM
Peserta diminta untuk mempresentasikan usaha mereka yang meliputi Unique Selling Point (USP) produk bisnis, teknis operasional bisnis, hingga proyeksi pertumbuhan bisnis.
-
Episode 2: Menciptakan Produk Baru dengan Tema ‘Cinta Indonesia’
Peserta ditantang untuk mengembangkan produk baru dengan tema ‘Cinta Indonesia’ dan membuat strategi pemasaran yang optimal. Dalam episode ini, Founder of ZM Zaskia Mecca, Haykal Kamil, hadir sebagai juri tamu.
-
Episode 3: Konten Pemasaran Interaktif dan Kreatif
Peserta diminta menciptakan konten pemasaran yang kreatif untuk mempromosikan produk mereka. Hasil video dinilai oleh juri utama dan CEO Bittersweet by Najla serta Content Creator Najla Bisyir sebagai juri tamu.
-
Episode 4: Berpacu Dalam ‘Logistic Race’
Peserta diminta mengatur strategi untuk mengirimkan puluhan paket dengan cepat, tepat, dan aman ke beberapa titik layanan ekspedisi. Fokus pada pentingnya memahami hulu ke hilir dari operasional bisnisnya.
-
Episode 5: Yakinkan Investor dalam 1 Menit
Peserta melakukan pitching kepada 3 investor berbeda dalam periode 1 menit. Salah satu juri tamu dalam tantangan ini adalah CEO Hangry Indonesia, Abraham Victor.
-
Episode 6: Grand Final Shopee Jagoan UMKM Naik Kelas
Peserta menyampaikan strategi bisnis dan rencana pemasaran, serta melalui live streaming penjualan produknya secara langsung ke calon pembeli. CEO Erigo & Erspo, Muhammad Sadad, hadir sebagai juri tamu dan memberikan penilaian serta masukannya terhadap bisnis para Jagoan UMKM.
Program Tambahan untuk Mendukung UMKM
Selain program utama, Shopee juga telah memperkenalkan tiga program baru tahun ini yang bertujuan untuk meningkatkan daya saing UMKM dan pengusaha lokal. Ketiga program tersebut antara lain Program Sukses UMKM Baru, Kampus UMKM Shopee Kelas Online, dan Program Ekspor Shopee Flexi. Setiap program hadir untuk membantu UMKM di tiap tahapan usaha agar bisa berdaya saing dan naik kelas.
Saksikan keseruan program “Shopee Jagoan UMKM Naik Kelas” yang akan tayang perdana mulai 5 Oktober 2025. Episode baru akan disiarkan setiap hari Minggu pukul 19.00 WIB secara eksklusif di kanal YouTube Shopee Indonesia. Penonton juga dapat berpartisipasi aktif dan memenangkan hadiah menarik.
Ikuti “Kuis Jagoan UMKM” yang diadakan setiap hari Senin pukul 11.30 WIB hingga Rabu pukul 23.59 WIB untuk kesempatan memenangkan iPhone 16 dan jutaan Voucher Shopee. Selain itu, berikan dukungan kepada finalis favorit Anda melalui “Voting Partisipan Favorit” yang dapat diakses di laman resmi: https://shopee.co.id/m/jagoan-umkm.