Lima Strategi Sukses Blackpink di Kancah Musik Global, Bisa Ditiru untuk Produk UMKM

Strategi Sukses Blackpink
Personel Blackpink. (Foto: UMKM Indonesia)

Mereka manis, namun mematikan. Di belakang layar, keempat anggota grup ini sangat ramah terhadap penggemar dan tak ragu mengumbar senyum. Tapi saat di panggung, mereka selalu tampak dingin dan swag (style with a bit gangsta).

Di tengah tren strong woman yang populer beberapa tahun belakangan, persona ini jadi kekuatan tersendiri bagi Jennie, Lisa, Jisoo, dan Rose.

Dunia tidak hanya memandang mereka sebagai penyanyi atau penari, melainkan juga sebagai simbol kekuatan feminin yang berani mendobrak batasan.

Mereka adalah bukti bahwa perempuan tak perlu bertingkah seperti laki-laki untuk menjadi kuat.

YG Entertainment konsisten meletakan image ini pada Blackpink selama lebih dari 6 tahun. Meski mereka memproduksi lagu dan musik dengan karakter yang berbeda-beda, namun persona yang dipertahankan tetap sama.

Hasilnya adalah personal branding yang begitu mudah dikenali konsumen. Belum lagi, mereka juga memiliki semboyan “Blackpink in your area” yang begitu mudah diingat penggemarnya.

UMKM tentu saja bisa mengadopsi teknik ini dengan juga membentuk brand image yang konsisten.

Misalnya saja, kita berbisnis makanan sehat, maka jadikan image sehat ini sebagai jati diri produk.

Jika pun nantinya kita mengeluarkan varian populer, seperti masakan rasa cokelat, vanila, asam manis, hingga pedas, jangan pernah melupakan jati diri tadi.

Tetaplah menjauh dari penggunaan MSG serta pewarna, pemanis dan perisa buatan agar produk kita tetap dikenal sebagai makanan sehat yang terpercaya.

Konsisten Memproduksi Konten Berkualitas dan Tepat Sasaran

Bagi Blackpink, less is more. Mereka tampaknya lebih mengedepankan kualitas dibandingkan kuantitas.

Tak seperti grup K-Pop lainnya yang setiap tahun berlomba-lomba untuk mengeluarkan album dengan 3-4 lagu baru.

Blackpink cenderung hanya memproduksi satu lagu dalam setahun. Meski begitu, lagu-lagu tersebut selalu meledak di pasaran ketika diluncurkan.

Jika dibedah lebih dalam, produser musik di YG Entertainment memang selalu memberi perhatian lebih pada kualitas lagu, hingga ke detil-detil terkecilnya.