Lima Strategi Sukses Blackpink di Kancah Musik Global, Bisa Ditiru untuk Produk UMKM

Strategi Sukses Blackpink
Personel Blackpink. (Foto: UMKM Indonesia)

Status tersebut membuat keempatnya terlihat setara dengan nama-nama besar Hollywood, seperti The Kardashians, Selena Gomez, Bella Hadid, Kendall Jenner, hingga Zendaya.

Dilansir dari Katadata, Jisoo dilaporkan menempati urutan pertama dalam daftar Influencer of The Year yang dirilis oleh Lefty’s. Sementara Rose, Jennie, dan Lisa secara berturut-turut menempati peringkat kedua, ketiga, dan keempat.

Eksistensi Blackpink sebagai duta mode dunia tak lepas dari kelihaian manajemen mereka dalam mengajukan kerjasama.

Hasilnya pun tidak buruk. Penjualan Dior dilaporkan meningkat hingga dua kali lipat setelah Jisoo menjadi duta globalnya.

Ia bahkan menjadi wanita Asia pertama yang tampil di halaman depan majalah Vogue Prancis. Brand CELINE juga menjadi lebih dikenal di kawasan Asia setelah Lisa menjadi brand ambassador.

Posisi ini menjadikan kepopuleran Blackpink lebih luas dari sekadar industri musik, melainkan juga ke industri mode. Mereka kerap dinilai sebagai penyanyi yang juga merangkap supermodel.

Image mereka menjadi lebih mahal dan berkelas. Nah, kolaborasi tak melulu harus dilakukan dengan brand ternama global. Kita dapat mengajukan kerjasama dengan brand lokal atau daerah yang sudah terkenal atau dengan instansi pemerintah setempat.

Misalnya, jika punya usaha kerajinan, kita bisa mengajukan kerjasama membuat merchandise (totebag, kaus, stationery, dll) untuk acara di kantor pemerintahan.

Kolaborasi ini bisa menguatkan identitas brand kita di mata konsumen.

Optimalkan Penggunaan Media Sosial

Idol K-pop di era ini dikenal sangat aktif dalam penggunaan media sosial dan Blackpink bukanlah pengecualian.

Pembuatan konten yang detail dan berkualitas juga mereka terapkan dalam mengisi jajaran medsos yang mereka punya.

Di Instagram, setiap personilnya aktif berinteraksi dengan penggemar dan meraih jumlah followers yang fantastis.

Sementara di kanal TikTok, akun Blackpink konsisten mengunggah berbagai konten tentang personilnya setiap hari.

Meski hanya mengeluarkan satu lagu setiap satu tahun, namun member Blackpink jarang terlihat tidak sibuk.

Mereka selalu punya proyek, baik itu kolaborasi, menjadi bintang iklan, bintang tamu acara talkshow, hingga menghadiri event musik dan fashion.