Nataru, PLN Dirikan Posko Siaga 24 Jam di Rest Area KM 275A dan KM 319B

Posko Nataru PLN
PT PLN (Persero) meningkatkan pelayanan kelistrikan menjelang perayaan Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 dengan mendirikan Posko Siaga 24 jam, khususnya untuk mendukung kenyamanan pengguna kendaraan listrik. (Foto: Istimewa)

TEGAL – PT PLN (Persero) meningkatkan pelayanan kelistrikan menjelang perayaan Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 dengan mendirikan Posko Siaga 24 jam, khususnya untuk mendukung kenyamanan pengguna kendaraan listrik.

Posko Siaga tersebut berlokasi di Rest Area KM 275A dan Rest Area KM 319B, serta mulai beroperasi sejak 20 Desember 2025 hingga 5 Januari 2026.

Keberadaan posko ini menjadi bagian dari komitmen PLN dalam memastikan keandalan pasokan listrik serta kesiapan infrastruktur pengisian kendaraan listrik selama periode libur akhir tahun.

Manager PLN UP3 Tegal menyampaikan bahwa posko siaga ini dilengkapi dengan total 10 charging point yang terdiri atas 2 unit ultra fast charging berdaya 100 kW, 6 unit fast charging berdaya 50 kW, serta 2 unit charging berdaya 22 kW.

Fasilitas tersebut disiapkan untuk mengakomodasi meningkatnya mobilitas pengguna kendaraan listrik selama momen Natal dan Tahun Baru.

“PLN berkomitmen memberikan layanan terbaik bagi masyarakat, khususnya pengguna kendaraan listrik, agar perjalanan selama libur Natal dan Tahun Baru berlangsung aman, nyaman, dan lancar,” ujarnya.

Ia juga mengimbau para pengguna kendaraan listrik untuk memanfaatkan aplikasi PLN Mobile dalam merencanakan perjalanan, mulai dari penggunaan fitur Trip Planner, mengetahui peta lokasi SPKLU, hingga melakukan transaksi pengisian daya secara cepat dan mudah.

Salah satu pengguna kendaraan listrik, Ridwan, yang melakukan perjalanan dari Bekasi menuju Yogyakarta menggunakan SUV listrik, mengaku sangat terbantu dengan kesiapan infrastruktur pengisian daya yang disiapkan PLN.

“Dengan semakin banyaknya SPKLU di rest area dan adanya posko siaga 24 jam, perjalanan menggunakan SUV listrik jadi lebih tenang. Saya bisa merencanakan pengisian daya lewat PLN Mobile, prosesnya cepat dan sangat membantu selama perjalanan jauh,” kata Ridwan.

Dengan hadirnya Posko Siaga 24 jam di Rest Area KM 275A dan KM 319B, PLN berharap masyarakat dapat menikmati perjalanan Natal dan Tahun Baru dengan lebih nyaman sekaligus mendukung percepatan pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.