Tips UMKM Naik Kelas dan Cepat Berkembang Menurut Praktisi Business Coach Tom MC Ifle

Cara UMKM Naik Kelas
Usaha cafe di Pantura Kabupaten Brebes. (Foto: Mantiq Media)

Dengan adanya SOP, perusahaan dapat meminimalisir kesalahan yang terjadi, menciptakan konsistensi, meningkatkan kualitas hasil, dan mengoptimalkan aktivitas bisnis sehari-hari.

Berikut tahapan yang dapat diimplementasikan oleh Sahabat Wirausaha untuk membuat Standard Operating Procedure (SOP):

a. Menentukan Tujuan dari Standard Operating Procedure (SOP).
Sahabat Wirausaha dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut untuk mengetahui tujuan pembuatan SOP:
– Bagaimana dokumentasi SOP dapat meningkatkan efisiensi dan kerja tim di antara karyawan Anda?
– Bagaimana penerapan SOP akan meningkatkan keuntungan perusahaan?
– Seperti apa layanan pelanggan jika semua orang mematuhi SOP?

b. Membentuk Tim Pembuatan Standard Operating Procedure (SOP)
Dengan menentukan siapa personel yang akan terlibat atau terpengaruh akibat SOP tersebut. Personel meliputi orang yang bertanggung jawab untuk melakukan setiap tugas di SOP. Orang yang memiliki wewenang untuk membuat keputusan.

Serta orang yang ahli di bidangnya dan berperan sebagai konsultan, dan orang yang selalu mendapatkan informasi atas tugas yang dijalankan.

Penulis: Mahesa Bagaskara Editor: Mahesa Bagaskara