c. Menentukan Pengguna Akhir Standard Operating Procedure (SOP)
Dengan menentukan siapa yang menjadi pengguna akhir dari SOP yang akan dibuat, kita akan tetap fokus pada tugas aktual pengguna akhir.
d. Menentukan Ruang Lingkup dan Format SOP
Ruang lingkup akan membatasi pembuatan SOP agar tetap relevan. Sementara dokumen SOP wajib mencakup daftar isi, tujuan SOP, ruang lingkup SOP.
Kemudian, penjelasan hirarki personil yang terlibat, penjelasan istilah yang digunakan dalam SOP, prosedur, flowchart, dan referensi.
e. Mengumpulkan Informasi yang Dibutuhkan dan Relevan untuk SOP tersebut
Hal ini dapat mencakup informasi tentang pedoman dan praktik terbaik di industrinya, mengamati kondisi lapangan, dan kebijakan yang relevan.
Dalam proses penulisannya, kita harus mengonsultasikan SOP dengan Process Owner atau orang yang terlibat langsung dalam SOP tersebut.
2. Menetapkan Branding atau Identitas Merek
Untuk dapat membuat branding bisnis, kita perlu mendalami merek dan bisnis kita lebih dalam. Terdapat empat komponen utama yang harus ditetapkan dalam menentukan branding, yaitu:
Respon (2)
Komentar ditutup.