a. Misi dan Visi
Hal yang pertama kali dilakukan adalah membuat tujuan perusahaan jangka panjang. Dari tujuan ini, kita dapat menentukan misi mengapa perusahaan kita berdiri dan menetapkan visi.
Agar lebih mudah untuk menentukan visi dan misi, kita dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:
– Mengapa perusahaan kita ada?
– Masalah apa yang dipecahkan oleh bisnis kita?
– Perubahan apa yang ingin diciptakan melalui bisnis kita?
– Bagaimana kita mencapai hal-hal tersebut?
– Siapa yang akan mendapat dampak dari bisnis kita?
– Mengapa bisnis kita lebih baik dari kompetitor?
b. Target Pasar
Komponen selanjutnya adalah menentukan target pasar kita. Ada beberapa tahapan utama yang akan membantu kita dalam menentukan target pasar, yaitu:
– Menentukan produk atau jasa apakah yang ditawarkan.
– Membuat profil klien melalui 4 segmentasi, yakni secara demografi, psikografi, perilaku, dan geografis.
– Mengumpulkan data dari survei pelanggan atau trafik media sosial.
c. Core Values atau Nilai-Nilai yang Dibawa oleh Bisnis
Komponen ketiga adalah penentuan prinsip atau nilai yang menjadi panduan mengambil keputusan dan tindakan bisnis.
Tentukan nilai yang sederhana namun esensial supaya mudah menanamkan nilai kepada tim dan mudah untuk mengikuti nilai yang dibawa.
Respon (2)
Komentar ditutup.