Tips UMKM Naik Kelas dan Cepat Berkembang Menurut Praktisi Business Coach Tom MC Ifle

Cara UMKM Naik Kelas
Usaha cafe di Pantura Kabupaten Brebes. (Foto: Mantiq Media)

d. Kepribadian Merek
Setelah mengetahui visi, misi, target pasar, dan nilai-nilai yang dibawa, komponen terakhir yang diperlukan adalah menentukan kepribadian yang menggambarkan merek kita.

Kita dapat memulainya dengan membuat daftar 3 hingga 5 kata yang merepresentasikan merek kita. Apakah bisnis kita klasik atau trendi? Apakah bisnis kita monokrom atau berwarna?

Kemudian, apakah bisnis kita menargetkan anak-anak atau remaja? Apakah bisnis kita mewah atau sederhana?

Jika 4 komponen tersebut telah terpenuhi, akan lebih mudah untuk mengembangkan branding kita.

Dari komponen tersebut, kita dapat menentukan cara kita berkomunikasi dengan pelanggan, desain warna, desain logo, desain tempat, desain seragam, hingga desain jenis huruf.

3. Membuat Kemasan yang Unik agar Produk UMKM bisa Naik Kelas

Saat pelanggan menerima produk kita, tentu hal yang pertama kali terlihat adalah kemasannya. Namun, kemasan merupakan representasi fisik dari identitas merek kita.

Penulis: Mahesa Bagaskara Editor: Mahesa Bagaskara